PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 BLORA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Hanif puspitasari, Hanif and Sholihul Anwar, Anwar and Widodo, Widodo (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 BLORA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, STAI Muhammadiyah Blora.

[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB 1 HANIF P. - hanif puspitasari.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II HANIF P. - hanif puspitasari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III HANIF P. - hanif puspitasari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV HANIF P. - hanif puspitasari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (47kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA HANIF P. - hanif puspitasari.pdf - Published Version

Download (77kB)

Abstract

Nama: Hanif puspitasari, NIM: 201023 Skripsi dengan judul PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 BLORA TAHUN PELAJARAN 2023/2024.
Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di SMK Muhammadiyah 3 Blora. (2) untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMK Muhammadiyah 3 Blora. (3) untuk mendeskripsikan hambatan guru pendidikan agama islam dalam membentuk prilaku kedisiplinan dan kepribadian peserta didik di SMK Muhammadiyah 3 Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya menggunakan deskripsi. Sumber data yang digunakan adalah person, place, dan paper. Untuk teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode
Hasil penelitian: (1) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kedisiplinan peserta didik dengan melakukan pembiasaan kepada peserta didik dan bekerja sama dengan guru lainya agar dapat optimal dalam menangani peserta didik yang telah melanggar. (2) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kepribadian peserta didik memberikan contoh yang baik kepada peserta didik, memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta didik (3) Hambatan peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kedisiplinan dan kepribadian peserta didik kurangnya pengawasan dan bimbingan kepada peserta didik di rumah, kecenderungan meniru tokoh idolanya. Cara mengatasi hambatan dengan menjalin komunikasi efektif pihak madrasah dengan wali murid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 10 May 2025 05:54
Last Modified: 10 May 2025 05:54
URI: https://eprints.staimuhblora.ac.id/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item
View Item