PEMANFAATAN MEDIA PUZZLE ANGKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 3 - 4 TAHUN DI POS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI LESTARI DESA TAMANREJO KEC. TUNJUNGAN KAB. BLORA

Rini Wulandari, Rini and Achmad Irchmani, Irchamni and Rina Murtyaningsih, Rina (2024) PEMANFAATAN MEDIA PUZZLE ANGKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 3 - 4 TAHUN DI POS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI LESTARI DESA TAMANREJO KEC. TUNJUNGAN KAB. BLORA. Other thesis, STAI Muhammadiyah Blora.

[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB 1 - Rini Safa.pdf - Published Version

Download (250kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2 - Rini Safa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3 - Rini Safa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4 - Rini Safa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5 - Rini Safa.pdf - Published Version

Download (329kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
daftpus - Rini Safa.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Media puzzle sangat sering digunakan di POS PAUD karena
media puzzle merupakan salah satu bentuk permainan yang memiliki nilai- nilai edukatif. Dengan puzzle, anak belajar memahami konsep bentuk, warna, ukuran dan jumlah. Tentunya bentuk puzzle yang digunakan lebih beragam dan mempunyai warna yang lebih mencolok. Memasang kepingan puzzle berarti mengingat gambar utuh, kemudian menyusun komponennya
menjadi sebuah gambar benda.
Berdasarkan hasil prasurvey yang dilakukan peneliti dengan cara observasi yang mana dalam hasil sebelum penelitian tersebut perkembangan kognitif peserta didik di POS PAUD Lestari Tamanrejo sudah mulai berkembang baik sesuai dengan penggunaan media puzzle yang diterapkan.
Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan, beberapa peserta didik dengan perkembangan kognitif, seperti peserta didik dapat memahami jumlah dan ukuran, mengetahui warna ketika pendidik meminta peserta didik untuk menyebutkan dan menunjuk warna-warna yang ada di dalam kelas, menyebutkan angka mulai dari 1-10, dan menyusun balok. Namun ada juga
dijumpai beberapa peserta didik yang mengalami masalah perkembangan kognitif seperti belum mampu mengenal warna, mengenal bentuk geometri.
Berdasarkan permasalahan diatas di lembaga POS PAUD Lestari
Tamanrejo, peneliti terdorong untuk melakukan penelitian yang berkenaan dengan Pemanfaatan Media Puzzle angka untuk mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Di POS PAUD Lestari Tamanrejo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 08 May 2025 05:38
Last Modified: 08 May 2025 05:38
URI: https://eprints.staimuhblora.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item
View Item