IMPLEMENTASI MEDIA DIGITAL KREATIF DALAM MENGOPTIMALKAN PENGEMBANGAN LITERASI PADA PENGENALAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI DI TK KUNDURAN KECAMATAN KUNDURAN KABUPATEN BLORA

Dinda Ranti Rahmadhani, Dinda and Agustina Putri Reistanti, Riesta and Anwar, Sholihul (2025) IMPLEMENTASI MEDIA DIGITAL KREATIF DALAM MENGOPTIMALKAN PENGEMBANGAN LITERASI PADA PENGENALAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI DI TK KUNDURAN KECAMATAN KUNDURAN KABUPATEN BLORA. Other thesis, STAI Muhammadiyah Blora.

[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB 1 - Dinda Ranti Rahmadhani.pdf - Published Version

Download (315kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2 - Dinda Ranti Rahmadhani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3 - Dinda Ranti Rahmadhani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4 - Dinda Ranti Rahmadhani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5 - Dinda Ranti Rahmadhani.pdf - Published Version

Download (233kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka - Dinda Ranti Rahmadhani.pdf - Published Version

Download (288kB)

Abstract

Nama: Dinda Ranti Rahmadhani, NIM. 203019, Judul :
IMPLEMENTASI MEDIA DIGITAL KREATIF DALAM MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN LITERASI PADA PENGENALAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI, Skripsi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora.
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah enerapan
pembelajaran media digital dapat mengoptimalkan perkembangan literasi anak pada pengenalan keaksaraan awal anak usia dini di TK ABA Kunduran, da apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media digital dalam pembelajaran pada tahun ajaran 2024/2025.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: a) bagaimana
implementasi media digital kreatif dalam mengoptimalkan perkembangan literasi pada pengenalan keaksaraan awal anak usia dini ?, b) apa faktor penghambat dan pendukung dari implementasi media digital kreatif dalam mengoptimalkan
perkembangan literasi pada pengenalan keaksaraan awal anak usia dini.?
Dalam penelitian ini peneliti telah membuktikan bahwa pembelajaran dengan media digital akan efektif bila digunakan dalam pembelajaran saat ini, hal tersebut terlihat saat penelitian berlangsung banyak anak yang antusias dalam
menyimak video pembelajaran di layer, karena biasanya anak hanya memperhatikan guru menjelaskan di depan sehingga hal tersebut terlihat kurang efektif. Sehingga perlunya kreativitas serta keterampilan guru dalam membuat
pembelajaran lebih efektif dan interaktif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kalitatif. Pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di TK ABA Kunduran mengenai implementasi media digital kreatif dalam mengoptimalkan perkembangan literasi pada pengenalan keaksaraan awal anak usia dini dapat disimpulkan bahwa media digital dapat mengoptimalkan perkembangan literasi
anak pada pengenalan keaksaraan awal. Hal tersebut terlihat dari hasil dari 20 peserta didik terdapat 1 anak masuk dalam kategori BSB (Berkembang Sangat Baik), 13 anak masuk dalam kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan), 2 Anak
(MB) Mulai Berkembang dan terdapat 5anak sisanya yang masuk kategori BB (Belum Berkembang).
Kata Kunci: Media Kreatif, Literasi Media Digital, keaksaraan Awal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 08 May 2025 02:18
Last Modified: 08 May 2025 02:18
URI: https://eprints.staimuhblora.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item
View Item