Muhammad Muslih, Muslih and Sholihul Anwar, Anwar and Widodo, Widodo (2024) IMPLEMENTASI METODE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN INTELEGENSI DAN PEMAHAMAN HURUF HIJAIYAH PADA PELAJARAN PAI KELAS VI SDN 2 KARANGGENENG KECAMATAN KUNDURAN KABUPATEN BLORA. Other thesis, STAI Muhammadiyah Blora.
![[thumbnail of Bab 1]](https://eprints.staimuhblora.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I - Muslih Bolang.pdf - Published Version
Download (133kB)
![[thumbnail of Bab 2]](https://eprints.staimuhblora.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II - Muslih Bolang.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (372kB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab 3]](https://eprints.staimuhblora.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III - Muslih Bolang.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (102kB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab 4]](https://eprints.staimuhblora.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV - Muslih Bolang.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (307kB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab 5]](https://eprints.staimuhblora.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V - Muslih Bolang.pdf - Published Version
Download (86kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://eprints.staimuhblora.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA - Muslih Bolang.pdf - Published Version
Download (169kB)
Abstract
Nama : Muhammad Muslih, NIM. 201027 Judul : Implementasi Motode TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Intelegensi dan Pemahaman Huruf Hijaiyah pada Pelajararan PAI Kelas VI SDN 2 Karanggeneng Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora, Skripsi Tahun 2024. Pembelajaran Teams Games Tournament dapat membantu peserta didik memahami materi dengan cara ikut berpartisipasi aktif dalam sebuah kelompok untuk saling bekerja sama mengikuti permainan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SDN 2 Karanggeneeng penerapan metode Team Games Tournament (TGT), merupakan metode yang tidak bisa ditinggalkan, dengan metode tersebut akan memperlihatkan siswa yang kurang aktif dan tidak terdapat gerakan fisik yang akan berdampak pada hasil belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut dengan adanya Implementasi Motode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat menjadi terobosan bagi guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana Implementasi Motode Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Siswa Kelas VI di SDN 2 Karanggeneng tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan Implementasi Motode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Siswa Kelas VI di SDN 2 Karanggeneeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik dan sumber pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data condensation, data display, dan data conclusions. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Penerapan Motode Pembelajaran TGT dalam ranah kognitif yakni: (a) Guru menjelaskan KI/KD pengetahuan 3.11 dan IPK, (b) Siswa membentuk kelompok dan melaksanakan games tournament, (c) Guru memberikan penghargaan kelompok, (2) Penerapan model pembelajaran TGT dalam ranah afektif yakni: (a) Siswa menjawab salam dari guru sebelum dan sesudah pembelajaran, (b) Guru bersama siswa mengucapkan syukur kepada Allah Swt, (c) Siswa absensi tepat waktu, (d) Siswa saling bekerja sama dan menghargai kelompok, (e) Siswa menyimak kesimpulan jawaban guru, hasilnya dari 7 siswa keseluruhan mendapatkan nilai A.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 23 May 2025 09:11 |
Last Modified: | 23 May 2025 09:11 |
URI: | https://eprints.staimuhblora.ac.id/id/eprint/50 |