INTERPRETASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR'AN SURAH AL-LUKMAN [31] AYAT 13-15 : PERSPEKTIF TAFSIR FI ZHILALIL QUR'AN OLEH SAYYID QUTHB

Anwar, Sholihul and Armin Nurhartanto, Armin and Titik Puspitasari, Titik (2022) INTERPRETASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR'AN SURAH AL-LUKMAN [31] AYAT 13-15 : PERSPEKTIF TAFSIR FI ZHILALIL QUR'AN OLEH SAYYID QUTHB. eprint.staimuhblora.ac.id.

[thumbnail of Suket Penelitian DT Anwar_Armin_Titik.pdf] Text
Suket Penelitian DT Anwar_Armin_Titik.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of Artikel Anwar-Armin_Titik.pdf] Text
Artikel Anwar-Armin_Titik.pdf

Download (602kB)

Abstract

Artikel ini membahas tentang pendidikan anak, yang merupakan aspek mendasar dari Islam dan dijelaskan secara komprehensif dalam Al-Qur'an, khususnya Surah Luqman [31]: ayat 13-15. Kajian mengenai nilai-nilai pendidikan anak dari perspektif interpretasi modern, khususnya melalui Tafsir Fi Zhilalil Qur'an karya Sayyid Quthb, masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan anak dalam ayat-ayat tersebut berdasarkan tafsir kontemporer, serta bagaimana tafsir tersebut relevan dengan tantangan pendidikan anak di era modern. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi pustaka, dengan mengutamakan Tafsir Fi Zhilalil Qur'an sebagai sumber utama, dan membandingkannya dengan tafsir lain yang relevan. Analisis dilakukan secara deskriptif untuk menginterpretasikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut dan menghubungkannya dengan konteks sosial dan pendidikan saat ini. Penelitian ini menemukan bahwa Surah Luqman ayat 13-15 menekankan nilai-nilai fundamental seperti tauhid, Penghormatan dan syukur kepada orang tua, keseimbangan iman dan hubungan sosial, serta kesadaran akan tanggung jawab di akhirat sebagai fondasi dalam pendidikan anak. Sayyid Quthb, melalui Tafsir Fi Zhilalil Qur'an, mengajarkan pentingnya penanaman nilai-nilai agama dan moralitas sejak usia dini untuk membentuk karakter anak yang kokoh dan berakhlak mulia. Penelitian ini tidak hanya berkontribusi pada literatur pendidikan Islam, tetapi juga menawarkan wawasan praktis yang sangat dibutuhkan dalam upaya mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dan etika dalam kurikulum pendidikan anak-anak modern. Dengan demikian, penelitian ini memberikan arahan penting bagi orang tua, pendidik, dan pembuat kebijakan untuk membentuk generasi masa depan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki pondasi moral yang kuat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam dalam Al-Qur'an, Pendidikan Nilai, Tafsir Al=qur'an 13-15, TAFSIR FI ZHILALIL QUR'AN OLEH SAYYID QUTHB
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 04 Feb 2025 09:34
Last Modified: 04 Feb 2025 09:39
URI: https://eprints.staimuhblora.ac.id/id/eprint/2

Actions (login required)

View Item
View Item