Farida Arum Romandhoningtyas, Farida Arum and Anwar, Sholihul (2023) PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI QALQALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI 1 ADIREJO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. eprints.staimuhblora.ac.id.
![[thumbnail of Suket Penelitian DT Anwar_Farida.pdf]](https://eprints.staimuhblora.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Suket Penelitian DT Anwar_Farida.pdf
Download (42kB)
![[thumbnail of Farida Arum Romandhoningtyas_Artikel.pdf]](https://eprints.staimuhblora.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Farida Arum Romandhoningtyas_Artikel.pdf
Download (180kB)
Abstract
Minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya pada materi Qalqalah, sering kali rendah akibat metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan tidak menggunakan media yang menarik. Kondisi ini berdampak pada rendahnya partisipasi siswa, kesulitan memahami materi, dan hasil belajar yang kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas aplikasi Canva sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Adirejo pada tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Proses analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang bersifat induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Canva membantu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik, visual, dan interaktif. Siswa menunjukkan peningkatan antusiasme dalam belajar, lebih fokus dalam memahami materi Qalqalah, dan terlibat aktif dalam kegiatan kelas. Guru juga menyatakan bahwa penggunaan Canva mempermudah penyampaian materi yang kompleks menjadi lebih sederhana dan menarik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Canva sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan dengan menghadirkan elemen desain visual yang kreatif, pengalaman belajar yang interaktif, dan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan era digital.
Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan media pembelajaran inovatif berbasis teknologi untuk mata pelajaran agama. Hasilnya diharapkan dapat diadopsi oleh guru-guru di berbagai tingkatan pendidikan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, khususnya pada materi yang membutuhkan pemahaman mendalam seperti Qalqalah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan, Aplikasi Canva, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@staimuhblora.ac.id |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 08:57 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 08:58 |
URI: | https://eprints.staimuhblora.ac.id/id/eprint/1 |